Lagu Sunda Bertemu Rock Selancar The Panturas Hadirkan Lagu Lasut Nyanggut

Grup band rock selancar kontemporer asal Jatinangor, The Panturas, siap merilis single terbarunya yang berjudul Lasut Nyanggut pada 4 Oktober 2024. Single ini akan tersedia di berbagai platform streaming digital dan menjadi penanda dimulainya babak baru perjalanan musik The Panturas menuju perilisan mini album mereka yang akan datang melalui La Munai Records.

Single berjudul Lasut Nyanggut ini memiliki lirik yang ditulis oleh Surya Fikri, atau yang lebih dikenal sebagai Kapten Kuya, drummer dari The Panturas.

Liriknya ditulis dalam bahasa Sunda dan memiliki arti gagal bersambut. Lagu ini menceritakan kisah dari cerita rakyat Sunda tentang seorang yang pergi memancing, namun selalu gagal mendapatkan ikan dan malah hanya mendapatkan sampah. Dalam keputusasaan, ia memohon bantuan makhluk halus, namun yang ia dapatkan justru jurig jarian, yang dalam cerita Sunda dikenal sebagai siluman sampah.

Sebelumnya, Lasut Nyanggut sempat dirilis dalam format vinyl 7 inci pada tahun 2020. Lagu ini merupakan hasil kolaborasi pertama The Panturas dengan Ricky Virgana, anggota dari White Shoes and The Couples Company (WSATCC), yang juga bertindak sebagai produser. Pada rilisan kali ini, The Panturas memberikan sentuhan baru pada instrumen lagu tersebut. Beberapa musisi kolaborator juga turut ambil bagian dalam lagu ini.

“Ini merupakan kerja sama pertama Panturas sama Ricky Virgana sebagai produser,” kata vokalis The Panturas, Abyan alias Acin, dalam wawancara di Bandung pada 2 Oktober 2024. “Beres rekaman kebetulan di kampung Kuya, Tanjung Sari, ada temannya yang bisa main tarompet namanya Muis, jadi langsung di-take aja sekalian. Sama tentu ada koh Eki (perkusi) dan Panji (keyboard),” lanjut Acin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *